Tanya Jawab

  1. Apa yang dimaksud dengan kontribusi dan distribusi?
    Kontribusi adalah jumlah iuran peserta dana pensiun yang bersumber dari peserta/pekerja sendiri, pemberi kerja atas nama peserta atau kombinasi antara peserta/pekerja dan pemberi kerja atas nama peserta.
    Distribusi adalah jumlah iuran (kontribusi) peserta yang dapat ditarik oleh peserta dana pensiun. Jumlah uang distribusi dan prosedur penarikan diatur oleh peraturan-peraturan dana pensiun Manulife Indonesia.
  2. Saya ingin mengetahui berapa jumlah uang yang telah terakumulasi dalam rekening DPLK saya. Apa yang harus saya lakukan?
    Manulife Indonesia menyediakan 3 cara untuk memudahkan anda memonitor rekening, yaitu Melalui Manulife Phone, dengan nomor telepon (021) 2555 7777 untuk Jabotabek, dan 0-800-1-606060 untuk luar jabotabek. Petunjuk penggunaan Manulife Phone diberikan langsung pada saat anda menelepon. Melalui internet, yaitu dengan Manulife Direct Access, dengan alamat http://www.Manulife-Indonesia.com.
    Peserta dapat menghubungi bagian administrasi DPLK untuk mengetahui jumlah total nilai akumulasi. Customer service Manulife Indonesia akan menyediakan data melalui telepon ataupun faksimili. Dalam waktu dekat peserta DPLK dapat mendapatkan data tersebut melalui internet dan layanan telepon mandiri.
  3. Saya menginvestasikan uang kontribusi saya di dana pensiun dengan arahan investasi 100% di deposito rupiah. Dikarenakan oleh perkembangan yang pesat dari bursa saham, saya ingin mengubah arahan investasi saya menjadi 50% arahan investasi di Rupiah dan 50% arahan investasi di saham. Bagaimana proses yang harus saya lakukan untuk mengubah arahan investasi tersebut? Berapa sering saya dapat mengubah arahan investasi saya?
    Jika peserta ingin mengubah arahan investasi untuk kontribusinya atau transfer DPLK, mereka harus menentukan prosentase alokasi/arahan investasi dananya paling tidak 30 hari sebelum perubahan investasi efektif dilakukan.
    Peserta dapat menghubungi customer service Manulife Indonesia dan meminta formulir perubahan arahan investasi (formulir dapat di download di website Manuilfe Indonesia). Setelah peserta mengisi aplikasi dan menyerahkan data-data yang dipersyaratkan, customer service Manulife Indonesia akan mengubah arahan investasi sesuai dengan yang terisi di aplikasi. Manulife Indonesia membatasi perubahan arahan investasi dalam kurun waktu setahun, yaitu maksimum empat kali perubahan dalam waktu setahun.
  4. Sebagian dari karyawan saya mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan mereka ingin mengambil manfaat pensiun mereka, apakah hal itu mungkin?
    Hal tersebut tidak mungkin, karena menurut UU no.11/1992, jika peserta menghentikan pembayaran kontribusinya, mereka dapat mengambil manfaat pensiun ditunda dengan kondisi peserta berusia kurang 10 tahun dari usia normal pensiunnya. Manfaat pensiun akan dibayarkan secepatnya jika peserta mencapai usia pensiun dipercepat.
  5. Dalam kondisi seperti apakah manfaat pensiun dapat dibayarkan ke peserta?
    Manfaat pensiun dapat dibayarkan ke peserta jika:
    Peserta telah mencapai usia pensiun normal.
    Usia pensiun dipercepat telah dicapai. Dalam beberapa kasus di mana peserta belum mencapai usia pensiun normal (Contoh. 55 tahun) tetapi dia ingin mengambil manfaat pensiunnya, saat ia mencapai usia pensiun dipercepat, yang bersangkutan dapat meminta Manulife Indonesia untuk menarik manfaat pensiunnya.
    Manfaat pensiun karena ketidakmampuan kerja. Saat karyawan tidak dapat bekerja dan berhenti untuk membayar kontibusi DPLK disebabkan oleh ketidakmampuan kerja (akibat kecelelakaan, sakit dan lain-lain) yang permanen, peserta dapat meminta Manulife Indonesia untuk membayarkan manfaat pensiunnya.
    Manfaat pensiun janda/duda. Saat peserta meninggal, janda/duda yang sah berhak untuk menerima manfaat pensiun. Bila kondisi-kondisi ini tidak ada, peserta tidak berhak untuk menerima manfaat pensiun. Sebaliknya peserta diperbolehkan untuk menarik sebagian dari kontribusinya tanpa memperhitungkan keuntungan investasi dari kontribusinya tersebut.
  6. Karyawan saya ingin mendapatkan laporan rekening rekening pribadi. Dapatkah mereka meminta hasil laporan? Biaya apa yang harus dibayar dan bagaimanakah proses yang harus ditempuh oleh mereka?
    Peserta dapat menghubungi customer service Manulife Indonesia dan meminta hasil laporan rekening. Manulife Indonesia akan mencetak hasil laporan dan mengirimkannya ke peserta. Manulife Indonesia akan membebankan biaya sebesar Rp 20.000,- dan akan langsung didebit dari rekening peserta.
  7. Saya kehilangan polis asuransi dan kartu DPLK . Dapatkah saya mendapatkan penggantian polis dan kartu tersebut?
    Peserta dapat menghubungi customer service Manulife Indonesia secepatnya. Manulife Indonesia akan menyediakan kartu DPLK dan Polis asuransi yang baru setelah peserta mengisi formulir kehilangan polis/kartu identifikasi DPLK serta menyerahkan kembali formulir ke customer service Manulife Indonesia dengan surat kehilangan dari kepolisian dan fotokopi kartu identitas KTP/SIM ataupun paspor.
  8. Bolehkan saya menarik nilai rekening saya dari dana pension yang saya miliki di Manulife Indonesia?
    Tidak Boleh. Peserta dana pensiun DPLK Manulife Indonesia tidak boleh menarik nilai rekeningnya akan tetapi ia dibolehkan untuk menarik akumulasi kontribusi dengan persyaratan-persyaratan sebagai berikut :
    * Telah menjadi peserta selama satu tahun
    * Jumlah minimum penarikan Rp 1.000.000,-
    * Jumlah maksimum penarikan :
        - 50% dari total kontribusi jika usia dari peserta kurang dari usia pensiun normal
        - 100% dari total kontribusi jika usia pensiun lebih atau sama dengan usia pensiun normal dikurangi 5 tahun
    * Penarikan hanya boleh dilakukan sebanyak satu kali dan kurun waktu 12 bulan
    * Peraturan pajak pemerintah akan dikenakan dalam setiap kali penarikan
  9. Apakah perbedaan antara Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) dan Manulife Karyawan Sejahtera (MKS)?
    Perbedaan dasar antara DPLK dan MKS adalah : MKS merupakan kombinasi dari produk Asuransi Jiwa Dwiguna (endowment) dan akumulasi dari kontribusi DPLK. Dana Pensiun hanya dapat memberikan manfaat dalam bentuk manfaat pensiun yang dapat diterima saat peserta mencapai usia pensiun normal. Sementara MKS memberikan kombinasi dari DPLK dan endowment dalam bentuk manfaat pensiun dan uang pertanggungan.
  10. Saya belum menerima laporan tagihan saya, Apa yang harus saya lakukan?
    Anda menghubungi customer service Manulife Indonesia dan meminta untuk pencetakan laporan tagihan. Manulife Indonesia akan mengirim laporan tagihan melalui layanan surat ataupun layanan kurir, penundaan dapat terjadi disebabkan karena kurir tidak dapat menemukan alamat anda. Dalam kasus ini anda dapat menghubungi customer service Manulife Indonesia dan meminta agar laporan tagihan dapat dikirim melalui faksimili. Manulife Indonesia tidak akan mengenakan biaya atas layanan ini.